animasi bergerak gif
My Widget

Rabu, 08 Maret 2017

TIPS MELAKUKAN ACROYOGA UNTUK PEMULA



Acroyoga kini menjadi tren terbaru di dunia fitnes dan kebugaran. Melakukan acroyoga tidaklah mudah. Dibutuhkan kelenturan, konsentrasi, serta kekuatan ekstra dibandingkan senam yoga biasa. Keunikan gerakan dalam latihan ini juga membuat banyak orang terutama yang telah berpasangan penasaran dan berminat untuk mencoba. Bahkan tidak sedikit pula yang tak terbiasa berolahraga tertarik untuk bisa mahir acroyoga.  Sebenarnya apa yang harus dipersiapkan sebelum seseorang memulai acroyoga,khususnya bagi pemula?

1."Biasanya untuk para pemula, di sarankan untuk beryoga terlebih dahulu. Para yogis bisa mengikuti kelas yoga reguler terlebih dulu seperti Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, dan lalu baru masuk kelas Acroyoga. Hal ini dikarenakan akan jauh lebih mudah untuknya melakukan gerakan-gerakan acroyoga yang sulit nantinya."

2."Sebaiknya para yogis sharing tentang masalah kesehatannya sebelum memulai acroyoga kepada instrukturnya. Misalnya sang yogis yang memiliki penyakit skoliosis (kelainan pada tulang belakang), syaraf kejepit, atau penyakit jantung sebaiknya berkonsultasi kepada instruktur acroyoga yang bersertifikat yang memang tahu gerakan mana yang aman untuk dilakukan. Karena beberapa gerakan acroyoga bisa sangat berbahaya untuk penyakit-penyakit itu." 


3.Banyak pemula yang takut jatuh dan cidera ketika acroyoga. Jadi, sebaiknya para pemula menggunakan posisi four fingers  atau gengaman dengan empat jari. Dalam posisi four fingers ini nantinya tangan flyer dan base akan menyatu kecuali ibu jari. Dengan posisi ini, tangan base berada ke arah luar, dan flyer berada ke arah dalam. Tujuan gerakan ini untuk mengamankan tangan pemula dari cidera, karena biasanya pemula sering sekali genggamannya goyah dan bergetar. Jika nantinya para yogis sudah masuk pada level lanjut atau advance, mereka bisa mulai bisa menggunakan genggaman lima jari atau bahkan bisa tidak menggunakan sama sekali."




Untuk kalian para pemula yuk coba gerakan-gerakan acroyoga untuk para pemula dan kalian bisa melakukan nya kapan saja.!!! selamat mencoba!


GERAKAN SUKHASANA

Duduk bersila di atas matras yoga, kedua tangan di lutut. Tegakkan punggung. Pejamkan mata, tarik napas perlahan-lahan. Gerakan ini bisa membantu Anda redakan stres.
        
             GERAKAN CAT COW POSE

Gerakan Cat-Cow Pose. Seperti seekor kucing, tumpukan badan Anda di kedua telapak tangan dan lutut. Gerakkan tubuh Anda melengkung ke dalam dengan dagu mengarah ke dada, lalu gerakkan tubuh melengkung ke luar. Ulangi beberapa kali, gerakan ini bisa mengatasi sakit punggung.

        
           GERAKAN TREE POSE

Berdiri tegak, kedua tangan ditangkupkan di depan dada. Angkat kaki kanan, lipat ke paha kiri. Tahan 30 detik, ganti kaki yang satunya. Gerakan ini bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda.
   
  GERAKAN DOWNWARD FACING DOG

Gerakan Downward-Facing Dog. Posisikan tubuh Anda menjadi huruf V terbalik seperi pada gambar. Angkat pergelangan kaki dengan posisi berjinjit, kembali seperti semula, lalu jinjit lagi. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk fleksibilitas tubuh.

                  
 
     GERAKAN CHILD''S POSE

Gerakan Child's Pose. Gerakan ini paling ampuh untuk membuat tubuh lebih rileks. Duduklah dengan kedua kaki dilipat ke bawah, luruskan punggung dengan kedua tangan menjulur ke depan. Tahan sambil bernapas teratur sesuai dengan kebutuhan.
           
                GERAKAN BABY PIGEON POSE

Gerakan Baby Pigeon Pose. Dalam posisi duduk, putar tubuh ke kiri, kaki kanan menjulur ke samping kanan. Lalu lipat kaki kiri ke dalam berada di antara dua telapak tangan yang ditumpukan ke matras. Tahan sampai lima kali hitungan tarikan napas. Lalu ganti posisi. 

  
       GERAKAN PIVARITA KIRANI

Gerakan Viparita Karani. Agar darah mengalir lebih lancar, berbaringlah dengan kedua kaki yang diangkat dan disandarkan menempel dinding. Kedua tangan direntangkan ke samping.

 
            
                     GERAKAN STANDING MOUNTAIN POSE

Gerakan Standing Mountain Pose. Gerakan relaksasi ini bisa dimulai dengan berdiri tegak, kedua tangan di samping, lebarkan kedua bahu. Lalu bernapaslah dengan teratur.


nahhh setelah kalian sudah mahir melakukan gerakan pemula tersebut,langsung coba perlahan gerakan acroyoga bersama pasangan kalian...

 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Niall Horan